Jumat, 19 Juni 2015

Papua : Kepulauan Raja Ampat


Kepulauan Raja Ampat terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat dan terdiri dari empat gugusan pulau tepat di bagian Kepala Burung Pulau Papua. Empat gugusan pulau itu terdiri dari Pulau Waigeo,Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Misol.

Kekayaan alam Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu karya yang luar biasa. Bagaimana tidak? Ekosistem terumbu karang di Raja Ampat memiliki sekitar 75% dari jumlah terumbu karang di dunia. Memiliki sekitar 13 jenis endemic, 1070 jenis ikan karang, 60 jenis udang karang, 699 jenis hewan lunak ( jenis moluska) yang terdiri atas 530 siput-siputan (Gastropoda), 159 kerangkerangan (bivalva), 2 Scaphopoda, 5 cumi-cumian (Cephalopoda), dan 3 Chiton. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata khususnya penyelaman. Selain itu, kita juga dapat melakukan aktivitas trekking mengelilingi pulau.

Perjalanan ke Kepulauan raja Ampat sendiri dapat menggunakan penerbangan maskapai nasional ke wilayah Sorong, Papua dan selanjutnya menyebrang menuju Waisai selama kurang lebih 1,5-2 jam.

dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar